Sejarah Unik Jembatan Terpanjang Ini Pernah Jadi Jalan Tol Pertama di Indonesia Bagi Pengendara Motor Kini Gratis

- Kamis, 25 Januari 2024 | 07:31 WIB
Sejarah Unik Jembatan Terpanjang Ini Pernah Jadi Jalan Tol Pertama di Indonesia Bagi Pengendara Motor Kini Gratis

polhukam.id -- Temukan kisah menarik jembatan terpanjang di Indonesia yang dahulu menjadi jalan tol untuk motor.

Mungkin kamu belum tahu, Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), jembatan terpanjang di Indonesia, memiliki cerita unik dalam sejarahnya.

Awalnya menjadi jalan tol bagi kendaraan roda dua, kini Jembatan Suramadu dapat dilalui tanpa biaya tambahan sejak pengumuman Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2018.

Perubahan dari Jalan Tol ke Jembatan Bebas Tarif

Sebelumnya, Jembatan Suramadu tercatat sebagai jembatan tol pertama di Indonesia yang dapat dilalui oleh motor.

Namun, sejak tahun 2018, statusnya berubah menjadi jembatan non tol dan bebas dari tarif.

Baca Juga: Bansos PKH Tahap 1 Tahun 2024 Cair Hari Ini? Siapkan Persyaratan Agar Dana Bantuan Cepat Ditransfer ke Rekening KPM

Keputusan ini merujuk pada Peraturan Presiden No. 98 tahun 2018, yang mengubah operasional Jembatan Suramadu.

Sejarah Pembangunan dan Perubahan

Jembatan ini dibangun pada tahun 2003 di masa kepresidenan Megawati Soekarno Putri, tetapi diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009.

Awalnya, jalan tol ini memiliki jalur khusus untuk motor, namun sayangnya, jalur tersebut ditutup sementara sejak Juli 2022 untuk keperluan penambahan pasokan listrik ke Madura.

Pembebasan Tarif dan Dampaknya

Sebelum menjadi gratis, Jembatan Tol Suramadu menerapkan tarif beragam, mulai dari golongan I hingga V dengan kisaran Rp15.000 sampai Rp45.000.

Baca Juga: Tak Tertandingi! Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara Ternyata Ada di Sumatera Selatan, Panjangnya Lebih dari 1 KM, Lokasinya di ...

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: ayopalembang.com

Komentar