Pertama di Indonesia! Jembatan di Jawa Tengah Sepanjang 100 Meter Ini Dibangun dengan Metode Lowering System yang Strukturnya…

- Selasa, 16 Januari 2024 | 11:01 WIB
Pertama di Indonesia! Jembatan di Jawa Tengah Sepanjang 100 Meter Ini Dibangun dengan Metode Lowering System yang Strukturnya…

polhukam.id -- Pertama di Indonesia! Inilah jembatan di Jawa tengah sepanjang 100 meter yang dibangun dengan metode lowering system yang strukturnya seperti ini.

Jembatan Kalikuto namanya yang menjadi ikon di Jalan Tol Trans Jawa yang berada di ruas tol Batang – Semarang.

Jembatan yang menjadi penghubung Kendal – Batang ini sudah dibangun menggunakan metode lowering system.

Baca Juga: Warga Palembang Ayo Merantau ke Jakarta, Kini Lagi Ada Lowongan Kerja dengan Gaji yang Capai Segini, Syarat Minimal Lulusan SMA Sederejat

Metode ini sangat efektif sebagai pionering jembatan di Indonesia yang pondasinya dipasang terpisah serta on schedule.

Tentunya metode lowering system ini memiliki keunggulan yakni tidak mengganggu sungai serta pengerjaannya yang lebih cepat.

Jembatan Kalikuto ini dibangun sepanjang 100 meter dan terdapat dua jembatan di sampingnya yang masing-masing berukuran 32,3 meter.

Baca Juga: Bansos BPNT Tahap 1 2024 Resmi Cair, Segera Cek Daftar Nama Penerima di Situs Resmi Kemensos

Selain itu, Jembatan Kalikuto ini tinggi pelengkung bentang utama kurang lebih 30 meter dari top level aspal ke CG arch.

Jembatan di Jawa tengah ini memiliki bobot sebesar 2.400 ton yang terdiri dari material baja dirakit di tiga tempat berbeda yakni Serang, Tangerang dan Pasuruan.

Jembatan Kalikuto ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mempunyai struktur yang sangat kokoh serta estetik jika dilihat.

Baca Juga: Cuma 11 Jutaan, Toyota Rush 1.5 TRD Sportivo 2018, Kilometer Rendah Mesin Baru 2NR-VE Dual VVT-i Sudah Bergaransi

Jembatan yang menjadi ikon daya tarik mencolok karena memiliki warna merah ini memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri.

Dikutip polhukam.id yang dilansir dari laman bpjt.pu.go.id, Jembatan Kalikuto adalah jembatan pertama di Indonesia yang strukturnya dirakit secara langsung pada lokasi pemasangan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: ayopalembang.com

Komentar