Seperti kita tau bahwa pentingnya menjaga konsistensi startup ke level selanjutnya adalah sebuah jawaban dari permasalahan di atas, sehingga ketergantungan terhadap investor bisa sejak awal di minimalisasi yaitu dengan mengembangkan produknya hingga terjadi monetize dalam proses bisnisnya.
Ditto Anindita, CEO & Founder BOTIKA menyampaikan dengan pengembangan Teknologi dan Konsistensi perusahaan melayani kebutuhan perusahaan dengan cepat dan tuntas menjadi hal paling penting untuk kemajuan Startup yang pastinya menjadi catatan real bahwa startup tersebut berperan positif dalam menyelesaikan problem klien tentunya ini berdapak dari sisi pendapatan real yang masuk ke startup tersebut.
Kemajuan teknologi kami letakan jadi fondasi utama di BOTIKA, kata Ditto, lihat saja startup asal Jogja ini. BOTIKA selalu mengedepankan pencapaian teknologi untuk solusi perusahaan mulai dari Chatbot, Omnichannel Dasborad ( Omnibotika ), Voicebot, TTS ( Text to Speech ), Open Platform untuk mendesign chatbot secara mandiri, Blastika (Marketing Automation & Robocall ) dan saat ini sedang mengembangkan AI Powered Virtual Avatar untuk Apps, Influencer & Metaverse.
Mengedepankan pencapaian teknologi, kemudahan penggunaan dan layanan yang BOTIKA hadirkan memang menguntungkan, dan Jika parameternya dilihat dari pendapatan, bahwa setiap tahun sejak 2018 kami mengalami kenaikan jumlah klien dan omset yang signifikan, di tahun 2021 kemarin aja sekitar 180% naiknya dari tahun 2020, dan hingga juni 2022 ini saja sudah naik 100% dibandingkan tahun lalu, Kata Ditto Anindita.
Seperti kita ketahui persaingan stratup di bidang teknologi ini memang ketat tetapi Keunggulan solusi teknologi memang bisa terus membawa perusaahaan rintisan kearah yang besar karena pastinya layanan yang menghasilkan solusi akan terus di cari oleh perusahaan, Ini sering kami alami menerima klien yang pindah dari perusahaan startup lain ke BOTIKA karena mereka tidak mendapatkan layanan teknologi yang sesuai dengan keinginan mereka, Kata Ditto Anindita.
Ditto selalu menyampaikan hal ini ke team, jaga kepercayaan klien untuk bisa terus berkembang, yaitu dengan memahami teknologi dan solusi apa yang bisa kita hadirkan, ini penting untuk modal dasar BOTIKA kedepan.
Dan hal tersebut yang membuat BOTIKA semakin dipercaya oleh beberapa klien besar seperti Bank Indonesia, Imigrasi, Kementrian Agama, BRI Insurance, Indihome, PLN, Kemenkop dan lain sebagainya.
Melihat hal ini seharusnya startup memang wajib mengembangkan produk dan teknologinya hingga menjadi solusi real hingga di terima oleh pasar dan ini yang akan menghasilkan profit bagi startup tersebut.
Sumber: jakarta.suara.com
Artikel Terkait
Memaksa Bendera Pusaka Berkibar di IKN
Bahlil dan Agus Kartasasmita Diduga Punya Masalah yang Mirip Airlangga Hartarto
Rocky Gerung Sebut Ucapan Selamat Jalan Luhut ke Jokowi Penanda, Penanda Apa?
Pasutri di Sidoarjo Diduga Bekerja Sama Cabuli Siswi SD Penyandang Disabilitas