Ternyata Konsumen Punya Hak Dasar dari Deklarasi Presiden Amerika Serikat, Yuk Intip Penjelasan Hari Hak Konsumen yang Diperingati 15 Maret 2024!

Saturday, 3 February 2024
Ternyata Konsumen Punya Hak Dasar dari Deklarasi Presiden Amerika Serikat, Yuk Intip Penjelasan Hari Hak Konsumen yang Diperingati 15 Maret 2024!
Ternyata Konsumen Punya Hak Dasar dari Deklarasi Presiden Amerika Serikat, Yuk Intip Penjelasan Hari Hak Konsumen yang Diperingati 15 Maret 2024!

JemberNetwork.comHari Hak Konsumen Sedunia 2024 diperingati pada tanggal 15 Maret. Makna memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia yaitu untuk memastikan konsumen mempunyai semua informasi yang dibutuhkan dalam membuat keputusan yang tepat.

Consumers International yang membuat dan mengadakan Hari Hak Konsumen Sedunia setiap tahun. Konsumen Internasional merupakan federasi global organisasi konsumen yang didirikan pada tahun 1960. Organisasi ini dibentuk sebagai suara independen dan berpengaruh bagi konsumen.

Dikutip oleh JemberNetwork.com dari Akun Youtube Badan Perlindungan Konsumen Nasional, pada tanggal 15 Maret 1962 Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy mendeklarasikan empat hak dasar konsumen yang dikenal dengan Declaration of Consumer Right.

Baca Juga: Valentine's day Coming! Berikan Cinta yang Tulus Kepada Pasangan Anda dengan Tau Sejarah Hari Valentine, Yuk Simak Ulasannya 

Pada isi pidato tersebut, ia menciptakan empat hak dasar konsumen — hak atas keamanan, hak untuk diberitahu, hak untuk memilih, dan hak untuk didengar.

Sejak itulah Hari Hak Konsumen Sedunia semakin terkenal dan diperingati setiap tahunnya  dengan tema-tema tertentu. Salah satu tema yang paling menarik saat itu, ‘Mengatasi Polusi Plastik,’.

Tujuan tema tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran akan konsumsi dan praktik berkelanjutan yang berfokus pada pembuatan dan penggunaan plastik serta dampaknya terhadap lingkungan.

Baca Juga: Hari Hijab Sedunia, 1 Februari, Seorang Wanita Muslim dari New York Sebagai Penggagas? Yuk Simak Sejarahnya 

Mengetahui hak-hak tersebut sebagai konsumen itu sangat penting dikarenakan kita hanya bisa mengidentifikasi, apakah kita akan tertipu jika kita tidak mengetahui hak-hak konsumen.

Kita bisa menyuarakan pendapat dan mengambil tindakan hukum terhadap pembelian produk atau layanan apa pun yang bertentangan pada hak konsumen.

Pada 2024, jumlah konsumen perbankan digital diperkirakan akan melebihi 3,6 miliar. Di negara berkembang, proporsi pemilik akun yang mengirim dan menerima pembayaran secara digital telah tumbuh dari 57% pada tahun 2014 menjadi 70% pada tahun 2017.

 Baca Juga: Ramaikan Hari Bahagia Isra Miraj 1445 H, Jadikan Momen Spesial Pakai 20 Link Download Twibbon, Gratis!

Saat ini, keuangan digital membawa peluang baru namun juga merupakan risiko baru yang dapat menyebabkan hasil yang kurang adil bagi konsumen.

Keuangan digital juga bisa memungkinkan mereka konsumen pemula yang paling rentan bisa tertinggal.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jember.jatimnetwork.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler