Susno Duadji Desak Ayah Eky Muncul di Publik: Pertanggungjawabkan Perbuatannya

Wednesday, 10 July 2024
Susno Duadji Desak Ayah Eky Muncul di Publik: Pertanggungjawabkan Perbuatannya
Susno Duadji Desak Ayah Eky Muncul di Publik: Pertanggungjawabkan Perbuatannya


POLHUKAM.ID - 
Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol (Purn), Susno Duadji baru saja desak ayah Eky, Iptu Rudiana, muncul di hadapan publik untuk memberikan penjelasan terkait kasus pembunuhan Eki dan Vina di Cirebon pada 2016 silam.


Dalam mengingat, Rudianalah yang melaporkan kasus pembunuhan Vina dan Eky hingga tertangkapnya seluruh terpidana dan Pegi Setiawan.


Adapun desakan ini disampaikan Susno Duadji usai Pengadilan Negeri Bandung menyatakan penetapan Pegi sebagai tersangka tidak sah dan batal demi hukum.


"(Rudiana) harus tampil ke publik mempertanggungjawabkan perbuatannya, karena nama tersangka termasuk Pegi yang ditangkap,”


“Nama terpidana yang sekarang mendekam di dalam penjara, termasuk yang sudah keluar, Saka Tatal, itu keluar dari mulut Rudiana,”


“Saya sudah baca berkasnya," ucap Susno Duadji pada Selasa 9 Juli 2024. 


Menurut Susno Duadji, Rudiana mengetahui nama-nama antara lain Saka Tatal, Pegi dan semua terpidana yaitu Eko Ramadhani, Eka Sandy, Hadi Saputra, Supriyanto, Jaya, Sudirman, Rifaldi dari saksi kunci bernama Aep.


Seperti diketahui, Aep terlebih dulu sempat mengaku melihat insiden pembunuhan yang terjadi hampir delapan tahun silam.


"Dari mana Rudiana tahu, itu dari Aep," ujarnya.


Kemudian, Susno juga menaruh curiga pada pengakuan Aep dalam kasus Vina Cirebon. Ia juga mempertanyakan dari mana Aep dapat mengetahui 11 nama pelaku pembunuhan tersebut.


"Dari mana Aep tahu? Ada dua kemungkinan. Satu, berbohong. Dua, dia pelaku. Masak dia tahu persis? Kalau tahu persis berarti dia ada di lokasi dan bersama-sama dengan kelompok yang melakukan kejahatan itu," tegas Susno. 


Kakak Vina, Marliyana menyatakan bahwa desakan tersebut karena keluarganya sudah memberikan informasi seluruhnya kepada ayah Eky tersebut sejak mula kasus ditangani.


"Saya menginginkan Pak Rudiana tampil, karena dari awal keluarga menyerahkan semuanya ke Pak Rudiana," ungkap Marliyana pada Selasa 9 Juli 2024.


"Kami ingin menanyakan yang sebenarnya dari awal itu seperti apa."


Keterangan informasi, selama penanganan kasus pembunuhan Vina dan Eky kembali mencuat, Iptu Rudiana hanya muncul satu kali melalui sebuah video.


Adapun video tersebut, sambil menangis, Rudiana memohon agar masyarakat tidak membuat asumsi-asumsi yang bisa membuat perasaan keluarga lebih sakit.


Susno juga mengatakan selama hampir delapan tahun, ia tak tinggal diam. Bersama Polda Jawa Barat, Rudiana mengaku terus mencari keberadaan tiga tersangka pembunuh Eky dan Vina yang saat itu masih masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).


"Saya tidak diam, saya terus berupaya dan bekerja sama dengan Reskrim. Terbukti, beberapa kami amankan dan sisanya sedang kami perjuangkan untuk dilakukan pengungkapan," ucap Rudiana lewat akun Instagram @rudianabison pada Jumat 17 Mei 2024.


"Selama delapan tahun saya berupaya untuk sabar. Saya mohon agar seluruh Indonesia bisa mendoakan anak saya supaya tenang dan juga para pelakunya bisa segera terungkap." tegas Rudiana.


Sumebr: viva

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini