Staf Presiden Jokowi Pun Mundur Ikuti Mahfud

Thursday, 1 February 2024
Staf Presiden Jokowi Pun Mundur Ikuti Mahfud
Staf Presiden Jokowi Pun Mundur Ikuti Mahfud

polhukam.id - Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani, mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di Kantor Staf Presiden (KSP) mulai tanggal 1 Februari 2024. Pengumuman ini disampaikan melalui siaran pers pada Rabu, di Jakarta.

Jaleswari telah secara resmi mengajukan permohonan pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

Jaleswari, yang menjadi anggota Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md sejak November 2023, menyatakan alasan mundurnya adalah untuk menghindari persepsi sebagai beban politik bagi Presiden Joko Widodo.

Dia mengakui bahwa keputusannya didasarkan pada etika dan keyakinan pribadi, menyadari perlunya menjauhi situasi di mana ia bisa dianggap sebagai beban politik akibat pilihan politik pribadinya.

Baca Juga: Istana Bantah Pengaman Presiden Batasi Warga Yang Akan Ketemu Jokowi

Mengingat tahun politik, Jaleswari menyampaikan pengertian terhadap kebutuhan publik akan netralitas dan profesionalisme pemerintah. Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam menjalankan tugasnya sebagai Deputi V Kepala Staf Kepresidenan terdapat ruang penyempurnaan yang belum diisi secara maksimal. Jaleswari berdoa agar Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik dan diterangi oleh Allah SWT.

Sementara itu, calon presiden Ganjar Pranowo menyatakan bahwa calon presiden dan calon wakil presiden yang berpotensi memiliki konflik kepentingan seharusnya meniru langkah Mahfud Md, calon wakil presidennya, yang memilih mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di kabinet Jokowi.

Baca Juga: Inilah Nama-nama Yang Layak Menggantikan Shin Tae Yong

Ganjar menganggap sikap Mahfud yang mundur sebagai tindakan yang mencerminkan integritas dan memberikan hormat kepada Mahfud. Mahfud sendiri mengatakan akan menyerahkan surat pengunduran dirinya langsung kepada Presiden Jokowi pada pertemuan yang akan datang. Meski belum dipastikan jadwal pertemuan tersebut, Mahfud menyatakan surat pengunduran dirinya selalu ia bawa untuk diserahkan kepada Presiden.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: setiafakta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini