Sebuah Drone Menyerang Pangkalan Militer AS Di Jordania Mengakibatkan 3 Tentara Tewas Dan 34 Terluka

Monday, 29 January 2024
Sebuah Drone Menyerang Pangkalan Militer AS Di Jordania Mengakibatkan 3 Tentara Tewas Dan 34 Terluka
Sebuah Drone Menyerang Pangkalan Militer AS Di Jordania Mengakibatkan 3 Tentara Tewas Dan 34 Terluka

polhukam.id. Tiga tentara Amerika tewas dan 34 lainnya terluka dalam serangan pesawat tak berawak di Yordania.

Mereka yang tewas dalam serangan itu sedang tidur di tenda di sebuah tempat bernama Menara 22 di timur laut Yordania, dekat perbatasan Suriah, dan beberapa dari mereka yang terluka sedang dievakuasi dari negara tersebut.

Baca Juga: Bareskrim Polri Berhasil Menangkap DPO Putra Wibowo Kasus Investasi Bodong Robot Trading Viral Blast Global

Presiden AS Joe Biden mengatakan serangan itu dilakukan oleh "kelompok militan radikal yang didukung Iran" di Suriah dan Irak pada Sabtu malam.

“Meskipun kami masih mengumpulkan fakta-fakta mengenai serangan ini, kami mengetahui bahwa serangan tersebut dilakukan oleh kelompok militan radikal yang didukung Iran yang beroperasi di Suriah dan Irak,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pentagon masih belum merilis rincian mengenai jenis cedera yang diderita, namun seorang pejabat AS mengatakan 34 personel sedang dipantau untuk kemungkinan cedera otak traumatis – yang merupakan kejadian umum setelah ledakan besar.

Pernyataan sebelumnya dari militer AS mengatakan 25 orang terluka dalam serangan itu.

Ini adalah pertama kalinya tentara AS terbunuh di wilayah tersebut sejak perang dimulai di Gaza.

Baca Juga: Ada Staf PBB DI Gaza Yang Terlibat Penyerangan Hamas Ke Israel Pada 7 Oktober Lalu. Akibatknya UNWRA Memecat Sejumlah Staf Yang Terlibat

“Kami akan meneruskan komitmen mereka untuk memerangi terorisme,” lanjut Biden, mengacu pada “para patriot” yang tewas dalam serangan itu.

"Dan jangan ragu lagi - kami akan meminta pertanggungjawaban semua pihak yang bertanggung jawab pada waktu dan cara yang kami pilih."

Presiden AS Joe Biden
Presiden AS Joe Biden (BisnisPekanbaru/Akun X)

Namun juru bicara pemerintah Yordania mengatakan serangan itu tidak terjadi di wilayah mereka dan bersikeras bahwa serangan tersebut terjadi di Suriah. Mereka mengatakan serangan itu tidak mengakibatkan cederanya satu pun penjaga perbatasan Yordania.

AS telah lama menggunakan Yordania – yang bertetangga dengan Irak, Israel, wilayah Palestina di Tepi Barat, Arab Saudi dan Suriah – sebagai basis, dengan sekitar 3.000 tentara biasanya ditempatkan di sana.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: beritasenator.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini