Pj Bupati Batang Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tingkat Nasional

Thursday, 28 December 2023
Pj Bupati Batang Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tingkat Nasional
Pj Bupati Batang Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Tingkat Nasional

BATANG, polhukam.id -- Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menerima penghargaan kabupaten/kota Peduli HAM atau hak asasi manusia tingkat nasional.

Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Batang dalam meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana kepada Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Semarang, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga: Kaleng Bekas Jadi Alat Pembasmi Nyamuk? Bisa... Begini Cara Buatnya, Mudah Banget! 

Dalam menerima penghargaan ini, Lani Dwi Rejeki menekankan pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah, serta memuji kontribusi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah membantu dalam laporan KKP HAM tahun 2023.

"Pentingnya perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah dapat terwujud apabila daerah konsisten dan peduli terhadap perlindungan dan pemenuhan HAM," kata Lani Dwi Rejeki.

Menurut penilaian tahun 2023, Kabupaten/Kota Peduli HAM mencakup 10 kriteria hak dasar, antara lain hak atas bantuan hukum, hak atas informasi, hak turut serta dalam pemerintahan, hak atas keberagaman dan pluralisme, hak atas kependudukan, hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas lingkungan yang baik dan sehat, serta hak atas perumahan yang layak, serta hak perempuan dan anak.

Baca Juga: Room Inc Semarang Gelar Pesta Perayaan Tahun Baru, Ada Berbagai Promo Sampai Lomba Tiktok

Pj Bupati Lani juga mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan yang diraih Kabupaten Batang.

Menurutnya, hal ini akan menjadi motivasi bagi jajaran Pemkab untuk terus memperhatikan dan mempedulikan penerapan HAM di masyarakat.

"Kami tentunya sangat bersyukur dan berterimakasih sekali karena Kabupaten Batang diakui sebagai daerah yang peduli dengan HAM. Oleh karena itu kami akan tetap dan terus berkomitmen memberikan hak-hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan," ungkapnya.

Baca Juga: Resep Ayam Bakar Kecap Satu Ekor Bumbu Oles Anti Gagal, Dijamin Rasa Meresap Sampai Dalam, Cocok untuk Menu Malam Tahun Baru

Melalui pencapaian ini, dirinya beserta jajaran Pemerintah Daerah pun bertekad serta berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada publik dalam mewujudkan penghormatan, pemenuhan, perlindungan, pemajuan, dan penegakan HAM.

"Selanjutnya kami mohon dukungan untuk peran serta dari masing-masing perangkat daerah se Kabupaten Batang untuk peringkat KKP HAM yang lebih baik lagi," tukasnya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: ayosemarang.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini