Piala Asia 2023, Shayne Pattinama : Tidak mudah tim lain melawan Indonesia

Monday, 25 December 2023
Piala Asia 2023, Shayne Pattinama : Tidak mudah tim lain melawan Indonesia
Piala Asia 2023, Shayne Pattinama : Tidak mudah tim lain melawan Indonesia

HARIAN MERAPI - Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang tangguh dalam ajang Piala Asia 2023. Tim Garuda harus bentrok dengan VIetnam, Irak dan Jepang.

Butuh perjuangan ekstra keras untuk bisa lolos dari babak penyisihan grup. Namun pemain timnas Indonesia Shayne Pattynama ingin Merah Putih tidak hanya sekedar menjadi peserta Piala Asia 2023 pada 12 Januari sampai 10 Februari mendatang.

Keinginan ini disampaikan Shayne karena ia ingin Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lainnya di kompetisi level Asia tersebut.

Ia ingin menunjukkan kepada lawan-lawan yang bermain melawan Indonesia, dimulai dari Vietnam, Irak, dan Jepang di babak penyisihan grup, Grup D, meski berperingkat paling bawah di ranking FIFA, tidak mudah untuk melawan Merah Putih.

Baca Juga: Diskusi Publik Penerus Negeri: Peran Pemuda dan Aktivitas Kepemudaan dalam Pembangunan Daerah Pasca Covid-19

“Target saya di Piala Asia adalah menunjukkan bahwa tim kami adalah tim dengan bakat-bakat bagus,” ucap Shayne, melansir dari laman resmi PSSI, Senin (25/12/2023).

“Kami datang bukan hanya untuk bermain tapi untuk bersaing dengan tim lain, karena kami bermain melawan tim-tim hebat. Jadi kami harus menunjukkan kepercayaan diri, bahwa tidak mudah (bagi tim lain) melawan kami,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, pesepak bola kelahiran, Lelystad, Belanda 11 Agustus 1998 itu juga mengaku senang kembali mendapatkan panggilan dari pelatih Shin Tae-yong untuk bergabung dengan timnas Indonesia setelah terakhir kali bersama skuad Garuda pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Irak dan Filipina November lalu.

Shayne bergabung dengan TC timnas setelah Liga Norwegia rampung pada awal Desember lalu. Pada musim ini, ia membawa timnya Viking FK finis pada posisi keempat klasemen akhir.

Baca Juga: Tim Sleman Menjadi yang Terbaik di Kejurda Baseball DIY 2023, Ini Pemain yang Mendapat Penghargaan

“Sebelumnya saya memang sempat liburan setelah Liga Norwegia usai, tapi saya siap untuk latihan menghadapi Piala Asia,” kata Shayne seperti dilansir Antara.

Shayne merupakan salah satu pemain Indonesia yang mendapatkan kewarganegaraannya melalui proses naturalisasi dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai mengucap sumpah janji pewarganegaraan pada 24 Januari silam.

Sejak menjadi WNI, pesepak bola 25 tahun itu tercatat telah lima kali membela timnas Indonesia di berbagai ajang, termasuk debutnya bersama kala melawan juara dunia Argentina pada FIFA Matchday, pada 16 Juni.(*)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianmerapi.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini