Pesawat Tempur Generasi Kelima KAAN Turki Bakal Segera Dilaunching Sesaat Lagi, Siap Saingi F-35 dan Eurofighter Typhoon yang Gagal Dibeli

Wednesday, 27 December 2023
Pesawat Tempur Generasi Kelima KAAN Turki Bakal Segera Dilaunching Sesaat Lagi, Siap Saingi F-35 dan Eurofighter Typhoon yang Gagal Dibeli
Pesawat Tempur Generasi Kelima KAAN Turki Bakal Segera Dilaunching Sesaat Lagi, Siap Saingi F-35 dan Eurofighter Typhoon yang Gagal Dibeli

polhukam.id - Turki tak lama lagi akan segera melaunching pesawat tempur generasi kelima karya asli negaranya, KAAN tepat pada Rabu, 27 Desember 2023 waktu setempat.

KAAN sebagai pesawat tempur generasi kelima andalan Turki digadang-gadang bakal siap menyaingi kekuatan F-35 milik Amerika Serikat dan Eurofighter Typhoon milik Jerman dan tiga negara konsorsium lainnya (Inggris, Italia, dan Spanyol).

Sebelum tanggal launching generasi kelima KAAN ditetapkan, Turki sempat berniat untuk membeli pesawat tempur F-35 dan Eurofighter Typhoon namun menemui kegagalan.

Baca Juga: Miras Ilegal Kembali Berhasil Diamankan TNI AL Jelang Tahun Baru 2024, Total Muatan Nyaris Capai 200 Liter

Dilansir polhukam.id dari laman Daily Sabah pada Minggu, 24 Desember 2023, keberadaan generasi kelima KAAN menunjukkan keseriusan Turki untuk memperbarui alutsista udara mereka.

Proyek ini terbilang ambisius, mengingat Turki berambisi untuk masuk dalam jajaran negara yang memiliki pesawat tempur generasi kelima tercanggih di dunia.

Pemberian nama KAAN sendiri dilakukan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagaimana diumumkan dalam sebuah upacara di Distrik Kahramankazan, Ankara pada 1 Mei 2023 lalu.

Persiapan sebelum launching yang akan dilaksanakan sesaat lagi telah dipersiapkan oleh para insinyur setempat sejak beberapa bulan yang lalu.

Nantinya, pesawat tempur KAAN bakal menggantikan sejumlah unit F-16 yang akan segera memasuki masa pensiun operasi.

F-16 yang saat ini masih digunakan oleh Angkatan Udara Turki rencananya bakal dipensiunkan total pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga: Prajurit TNI AL Raih Prestasi di International Karate Championship 2023, Danyon Kapa 1 Mar: Jangan Pernah Berpuas Diri

Pada Rabu, 13 Desember 2023 lalu, laman Defence Security Asia memberitakan bahwa KAAN juga bakal menjadi pelipur lara Turki ketika gagal mendapatkan F-35 dan Eurofighter Typhoon yang mereka incar.

Turki yang bahkan semula masuk dalam daftar negara untuk project pengembangan F-35, akhirnya dihapus karena ketahuan mengakuisisi S-400 dari Rusia.

Sementara kegagalan pembelian Eurofighter Typhoon disebabkan kemarahan Kanselir Jerman atas pernyataan Pemerintah Turki yang mengecam agresi militer Zionis Israel kepada rakyat Palestina di jalur Gaza.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: zonajakarta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini