Pemprov Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terinformatif Enam Kali Berturut-turut

Tuesday, 19 December 2023
Pemprov Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terinformatif Enam Kali Berturut-turut
Pemprov Jateng Raih Penghargaan Provinsi Terinformatif Enam Kali Berturut-turut

JAKARTA, polhukam.id -- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai Badan Publik Informatif terbaik untuk keenam kalinya secara berturut-turut.

Penghargaan keenam diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana di Istana Wakil Presiden, Selasa, (19/12/2023).

"Alhamdulillah Jawa Tengah meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif. Penghargaan ini membanggakan, karena berhasil diraih enam kali berturut-turut,” kata Nana Sudjana usai menerima penghargaan dari Wapres dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023.

Baca Juga: Jurusan Calon Sultan! Inilah 10 Jurusan IPS yang Lulusannya Punya Gaji Besar, Tertarik?

Dengan penghargaan itu, menunjukkan Pemprov Jateng tidak hanya bekerja keras mempertahankan informasi, tapi juga mempertahankan keseriusan dalam membangun keterbukaan informasi publik.

Nana berharap, keterbukaan informasi publik yang sudah dibangun selama bertahun-tahun oleh Pemprov Jateng dapat menciptakan komunikasi yang sehat antara masyarakat dengan pemerintah.

“Dengan begitu, mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah, dan pada akhirnya tercipta sistem penyelenggaraan negara yang baik (good governance)," kata Nana.

Baca Juga: Bingung Mau Pilih Jurusan Apa? Cek Dulu Jurusan Sepi Peminat tapi Punya Prospek Kerja yang Luas, Belum Banyak yang Tahu!

Sebagaimana mandat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa rakyat berhak memperoleh informasi publik untuk meningkatkan peran aktif mereka dalam penyelenggaraan negara.

Peran aktif itu baik pada tingkat pengawasan, pelaksanaan penyelenggaraan negara, maupun pada tingkat pelibatan selama proses pengambilan keputusan publik.

“Kami akan menjamin informasi ini agar sampai kepada masyarakat di tingkat pedesaan. Kemudian masyarakat harus tahu apa yang kami kerjakan dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menyejahterakan masyarakat," jelas Nana.

Baca Juga: 4 Ide Hampers Natal 2023 Menarik dan Banyak Manfaat, Bisa Diberikan ke Teman hingga Gebetan

Selain Pemprov Jawa Tengah, ada satu desa di Jawa Tengah yang menerima penghargaan serupa. Yaitu Desa Bumiroso, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo, yang menyabet desa informatif terbaik nasional.

“Kita harapkan desa ini menjadi percontohan bagi desa lain. Ini akan terus kami sosialisasikan, ke depan desa-desa lain bisa mendapatkan predikat yang sama," kata Nana.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: ayosemarang.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini