OTT KPK di Pemkab Sidoarjo 11 Orang di Tangkap Hanya Satu Orang Yang Di tetapkan Sebagai Tersangka

Monday, 29 January 2024
OTT KPK di Pemkab Sidoarjo 11 Orang di Tangkap Hanya Satu Orang Yang Di tetapkan Sebagai Tersangka
OTT KPK di Pemkab Sidoarjo 11 Orang di Tangkap Hanya Satu Orang Yang Di tetapkan Sebagai Tersangka

polhukam.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan tersangka kasus dugaan korupsi di Sidoarjo, Jawa Timur, dalam konferensi pers, di Gedung Merah Putih, Jakarta Selatan. sore hari ini, Senin (29/1/2024)

Nurul Ghufron Wakil Ketua KPK mengatakan, satu orang tersangka bernama Siska Wati Kasubag Umum dan Kepegawaian Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo.

“Penetapan tersangka berdasarkan cukup bukti dan keterangan saksi, serta gelar perkara, menindaklanjuti laporan masyarakat,” Ujarnya.

Baca Juga: Diberi Nilai 90 Oleh Warga Semarang Jawa Tengah, Prabowo Mengaku Tambah Semangat

Ghufron mengungkapkan, Siska diduga melakukan pemotongan insentif para ASN BPPD Sidoarjo tahun 2023 yang totalnya mencapai Rp. 2,7 miliar.

Para ASN BPPD Sidoarjo, lanjut Ghufron, semestinya menerima insentif atas perolehan pajak yang terkumpul selama tahun 2023 sejumlah Rp. 1,3 triliun.

Tapi, Siska diduga memotong uang insentif sekitar 10 sampai 30 persen sesuai besaran insentif yang diterima setiap pegawai.

Baca Juga: Maruarar Sirait Ajak Warga Subang Menangkan Prabowo-Gibran: Saya Dukung Dari Hati

“Permintaan potongan disampaikan Siska Wati secara lisan. Pegawai yang dikenakan potongan insentif dilarang menanyakan dan membahas tujuan pemotongan itu,”Ungkapnya.

Satu orang di tetapkan sebagai tersangka KPK dalam OTT di Pemkab Sidoarjo
Satu orang di tetapkan sebagai tersangka KPK dalam OTT di Pemkab Sidoarjo (polhukam.id)

Uang hasil pemotomgan yang dikumpulkan beberapa orang bendahara dari tiga bidang pajak daerah dan bagian sekretariat, diserahkan kepada tersangka dalam bentuk tunai.

“Berdasarkan pemeriksaan, pemotongan dan penerimaan dana insentif itu antara lain untuk kebutuhan Kepala BPPD dan Bupati Sidoarjo,” kata Nurul Ghufron.

Baca Juga: Prabowo: Pak Jokowi Sosok Yang Mengajak Persatuan

Dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (25/01/2024) lalu. KPK menangkap 11 orang yang diduga terlibat, dan barang bukti uang sebanyak Rp. 69,9 juta.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: mitranews.net

Komentar

Artikel Terkait

Terkini