Mahfud MD Akan Serahkan Surat Pengunduran diri Ke Presiden Jokowi Besok

Wednesday, 31 January 2024
Mahfud MD Akan Serahkan Surat Pengunduran diri Ke Presiden Jokowi Besok
Mahfud MD Akan Serahkan Surat Pengunduran diri Ke Presiden Jokowi Besok

OKeNUSRA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Mahfud mengatakan, dirinya sudah menyiapkan surat pengunduran dirinya sebagai Menkopolhukam dalam Kabinet Indonesia Maju dan surat tersebut akan segera disampaikan secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sudah membawa surat untuk disampaikan ke presiden tentang masa depan politik saya," ungkap Mahfud di Danau Tirta Gangga, Lampung Tengah, Rabu 31 Januari 2024.

Baca Juga: Ganjar Sebut, Mahfud MD Mundur Dari Kabinet Untuk Menghindari Conflict Of Interest

Mahfud menjelaskan, terkait pengunduran dirinya tersebut, Ia telah meminta waktu untuk bertemu empat mata dengan Presiden Jokowi pada Kamis, 1 Februari 2024 dan menyerahkan sendiri surat pengunduran dirinya tersebut.

Mahfudpun mengaku ingin pamit secara baik-baik.

"Saya ingin pamit secara baik-baik. Saya akan menyerahkan surat pengunduran diri saya secara langsung kepada Bapak Presiden besok, karena Presiden baru ada di Jakarta Kamis," jelasnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Hargai Keputusan Menkopolhukam Mundur Dari Kabinet, Mahfud : Itu Tugas Presiden

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan dirinya akan segera mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pernyataan ini ditegaskan Menkopolhukam Mahfud MD dalam acara Tabrak Prof yang digelar di Semarang pada Selasa, 23 Januari 2024.

Rencana kemunduran Mahfud MD dari jabatannya sebagai Menkopolhukam merupakan respon atas permintaan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang memintanya untuk mundur dari kabinet Presiden Jokowi.

Menurut Mahfud MD, apa yang disampaikan Capres Ganjar Pranowo ke publik yang menyatakan bahwa Ia akan mundur dari kabinet Presiden Jokowi merupakan bentuk kesepakatan antara keduanya sejak awal sebagai satu pasangan Capres dan Cawapres.

Walau demikian, Mahfud mengatakan, sejak awal Ia tak mundur dari jabatannya sebagai Menkopolhukam karena tak ada larangan yang mengatur tentang hal tersebut.

Baca Juga: Mahfud MD Rencana Mundur dari Kabinet; Jokowi : Itu Hak dan Saya Sangat Menghargai

Mahfud juga menegaskan bahwa walau saat ini dirinya maaih menjabat sebagai Menkopolhukam namun Ia tidak pernah memanfaaatkan fasilitas negara serta kewenangannya untuk berkampanye.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: okenusra.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini