KPU, Bawaslu hingga Polres, Klarifikasi soal Video "Pintu Rahasia" di Kantor KPU Tojo Una-Una

Saturday, 6 January 2024
KPU, Bawaslu hingga Polres, Klarifikasi soal Video "Pintu Rahasia" di Kantor KPU Tojo Una-Una
KPU, Bawaslu hingga Polres, Klarifikasi soal Video "Pintu Rahasia" di Kantor KPU Tojo Una-Una

METRO SULTENG - Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Sulteng, menggelar konferensi pers pada Jum'at (5/1/2024) terkait beredarnya di media sosial video pintu rahasia yang ditemukan di ruang kepala sub bagian data dan informasi KPU Touna.

Klarifikasi KPU Touna tentang video pintu rahasia yang suda viral di media sosial ini, juga dihadiri Kapolres dan Ketua KPU Touna, Ketua Bawaslu, awak media, serta yang memposting di media sosial atas nama Ewhyn.

Baca Juga: Bupati Touna Lantik 4 Kepala Desa Terpilih PAW Periode 2024-2026, Moh Lahay Pesankan Tugas Menurunkan Stunting

Ketua KPU Touna Ahdin L. Nondo mengatakan, berkaitan dengan video tersebut pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu. KPU juga melakukan langkah persuasif terhadap masyarakat yang telah memposting di media sosial video yang dimaksud.

"Video yang beredar sifatnya tidak utuh. Ada penggalan-penggalan peristiwa dalam video yang tidak didokumentasikan, sehingga menimbulkan multif ditafsir bagi yang melihat video," kata Ahdin.

Melalui konferensi pers itu, Ahdin mengungkapkan bahwa hal sebenarnya sedang dilakukan perbaikan di salah satu dinding yang dimaksud. Dan dinding itu berbahan tripleks.

"Atas saran dari pihak keamanan, kami saat itu melakukan perbaikan dinding gudang. Saat proses perbaikan, ada yang mendokumentasikan fotonya maupun video. Tapi videonya tidak secara utuh diambil, sehingga ada ditafsir berlebihan di masyarakat," ujar Ketua KPU Touna.

Baca Juga: Sudah 2 Bulan Dilaporkan, Polres Touna Didesak Proses Kasus Penganiayaan terhadap Syarifah Rugaiyah Alhabsyi

Ketua Bawaslu Touna Taufiq Rizal R menambahkan, video yang sudah viral itu, sudah dilakukan kroscek ke KPU. Memang benar bahwa gudang tersebut sedang dilakukan perbaikan.

"Ada dinding yang dianggap sudah tidak layak lagi, terkait dengan ada kotak almunium. Kami suda konfirmasi dengan Ketua KPU, ternyata isi kotak itu adalah aset-aset lama atau arsip lama," ujar Taufik.

Kapolres Touna AKBP Ridwan J. M. Hutagaol menjelaskan, Polres Touna saat ini telah melakukan penempatan personel di KPU. Dimana personel polisi untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan.

"Personel kami bertugas untuk mengamankan yang ada di KPU, termasuk kotak suara. Adapun anggota akan selalu berkoordinasi dengan baik bersama KPU," ujar Kapolres.

Hal itu juga ditanggapi oleh Ewhyn. Pria yang memposting video viral ini mengatakan, terkait dengan postingannya di media sosial beberapa waktu lalu, benar menggunakan akun pribadinya.

"Dalam postingan itu, saya sebagai masyarakat yang aktif dalam sosial media berharap pihak-pihak peyelenggara Pemilu, mulai dari KPU dan Bawaslu, kiranya menjaga pesta demokrasi tahun 2024 supaya berjalan dengan damai," ujar Ewhyn.

Baca Juga: Wabup Touna Ilham Lawidu Pimpin Upacara Hari Amal Bhakti Ke-78 Kementerian Agama Ampana

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: metrosulteng.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini