Ketika 9 Naga Datang ke IKN dengan Investasi Rp20 Triliun

Saturday, 22 June 2024
Ketika 9 Naga Datang ke IKN dengan Investasi Rp20 Triliun
Ketika 9 Naga Datang ke IKN dengan Investasi Rp20 Triliun


POLHUKAM.ID -
Proyek pembangunan IKN terus berjalan hingga saat ini. Ada salah satu megaproyek yang menarik perhatian adalah saat Presiden Jokowi meresmikan pembangunannya pada September 2023.


Proyek ini dipimpin salah satu 9 naga yaitu Sugianto Kusuma alias Aguan melalui perusahaan Agung Sedayu Group dengan nama Konsorsium Nusantara.


Kedatangan Aguan ke IKN kembali viral setelah diposting dalam beberapa akun media sosial seperti TikTok.


"Konsorsium Nusantara pimpinan Agung Sedayu Group berinvestasi 20 triliun rupiah di Ibu Kota Nusantara," tulis akun TikTok @wdshun20.


10 perusahaan tersebut di antaranya Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulauintan, Adaro Group, Barito Pacific, Mulia Group, Astra Group, Kawan Lama Group dan Alfamart group.


"Konsorsium ini beranggotakan 10 perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap terbangunnya IKN, bukan saja sebagai kota yang layak huni (livable city), namun juga sebagai kota yang dicintai (lovable city)," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam keterangan resminya pada 21 September 2023


10 perusahaan tersebut membentuk sebuah konsorsium dengan total investasi Rp20 triliun yang sudah melakukan groundbreaking proyek di IKN salah satunya Hotel Nusantara pada Kamis 21 September 2023.


Sementara, Aguan mengungkapkan kini ada 12 perusahaan yang tergabung dalam konsorsium yang paling banyak berinvestasi di IKN. Dia sempat memperkenalkan satu per satu perusahaan tersebut di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Ada 12 perwakilan, dari Astra tadi sudah lihat, dari Sinar Mas Pak Franky (Oesman Widjaja), dari Mulia Pak Eka Tjandra, dari Ace Hardware (Kawan Lama) Pak Kuncoro Wibowo, dari Alfamart Pak Djoko (Susanto), dari Adaro Boy Thohir, dari Pulau Intan Pak Ara (Maruar Sirait), ini untuk konsorsium pembangunan," ungkap Aguan saat groundbreaking Astra Biz Center dan Nusantara Botanical Garden di IKN, Kalimantan Timur belum lama ini.


Aguan juga menyebut perwakilan dari Anthoni Salim pemimpin Grup Salim. Ia kemudian mengatakan konsorsium untuk pembangunan CSR Botanical Garden ini juga terdiri dari Wings Group dan Djarum Group.


Sebelumnya, Jokowi menekankan bahwa pemerintah sudah menawarkan investasi berulang kali ke pengusaha lokal saat melakukan tes pasar.


Dia pun berterima kasih karena saat ini sudah ada investor dalam negeri yang akan membangun Hotel Nusantara.


Jokowi mengatakan kehadiran investor lokal di IKN adalah bukti bahwa IKN sangat menjanjikan.


"Nggak mungkin beliau-beliau ini mau mulai dengan Rp20 triliun kalau ndak ada cuan-nya. Dipikir beliau-beliau ini adalah lembaga sosial? Bukan. Datang menanamkan modalnya pasti akan mencari keuntungan sebesar-besarnya dan itu wajar," kata Jokowi pada Kamis 21 September 2023.


Jokowi mengatakan kehadiran investor lokal juga memberikan kenyamanan dan keyakinan serta rasa percaya diri bahwa Ibu Kota Nusantara sangat diminati oleh investor.


Kemudian Jokowi pun meresmikan ground breaking pembangunan Hotel Nusantara di IKN.


"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada sore hari ini ground breaking Hotel Nusantara bintang 5 secara resmi dimulai," pungkasnya.


Sumber: okezone

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini