Jay Noah Idzes Jadi WNI, Sektor Pertahanan Timnas Makin Kuat

Thursday, 28 December 2023
Jay Noah Idzes Jadi WNI, Sektor Pertahanan Timnas Makin Kuat
Jay Noah Idzes Jadi WNI, Sektor Pertahanan Timnas Makin Kuat

 

polhukam.id - Tim nasional Indonesia mendapat tambahan pnaturalisasi yakni Jay Noah Idzes. Pemain yang memiliki darah orang tua Semarang itu telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Jay merupakan pemain belakang berpostur 191 cm itu memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Pemain kelahiran Mierlo, Belanda, itu resmi jadi WNI setelah selesai melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Proses naturalisasi pemain yang lahir pada tanggal 2 Juni 2000 itu berlangsung singkat dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun yang kemudian diikuti oleh Jay Idzes.

Baca Juga: Timnas Dapat Tambahan Pemain Naturalisasi Baru Jay Idzes, Siapa Dia?

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945," kata Jay Idzes dalam acara pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia seperti dikutip dari Antara.

Jay Noah Idzes adalah pesepak bola asal Belanda kelahiran 2 Juni 2000. Pemain yang biasa menempati posisi bek tengah tersebut merupakan keturunan Indonesia dari kakek (ayah dari ibunya) yang lahir di Semarang, Jawa Tengah.

Pada awal Desember 2023, Komisi III dan X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui pengajuan naturalisasi, yang kemudian dilanjutkan dengan persetujuan di Sidang Paripurna DPR. Sebelum disumpah jadi WNI, pada awal Desember ini Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi Jay. Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Baca Juga: Bakauheni Harbour City Jadi Primadona, Ada Apa di Sana?

Sebelum Jay, ada empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner. Mereka sudah bergabung ke Timnas Indonesia yang sedang melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di Turki.

Pemain yang saat ini membela Venezia FC tersebut antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Tentu saja, perasaan saya senang. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)," kata Jay dikutip dari pssi.org.

"Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia," ujar Jay.

Baca Juga: Menang Atas Everton, Pep Guardiola Puji Phil Foden Yang Bisa Gantikan Haaland

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: setiafakta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini