E7 Wedgetail Australia Diduga Jadi Biang Kerok Jatuhnya Pesawat Bomber Su 34 Rusia di Ukraina, Begini Analisanya

Sunday, 24 December 2023
E7 Wedgetail Australia Diduga Jadi Biang Kerok Jatuhnya Pesawat Bomber Su 34 Rusia di Ukraina, Begini Analisanya
E7 Wedgetail Australia Diduga Jadi Biang Kerok Jatuhnya Pesawat Bomber Su 34 Rusia di Ukraina, Begini Analisanya

polhukam.id - Tiga pesawat bomber Su 34 milik Rusia disebut-sebut jatuh tertembak di Ukraina pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu.

Sejumlah spekulasi muncul termasuk yang menyebut bahwa Su 34 milik Rusia tengah berupaya untuk menyerang jembatan Ukraina di tepi kiri Sungai Dnieper di Krynky, Kherson.

Pesawat E7 Wedgetail milik Australia bahkan disebut-sebut menjadi biang kerok atas jatuhnya pesawat bomber Su 34 milik Rusia.

Baca Juga: Pantas Houthi Ngebet Pengen Kuasai Yaman, Ternyata Mereka Dapat Rudal Balistik Anti Kapal dari China

Kabar mengenai jatuhnya Su 34 milik Rusia tersebut ketika seorang netizen mengunggah foto-foto mengenai lokasi pendaratan pilot salah satu unit pesawat bomber tersebut ketika jatuh.

Dalam foto tersebut, terdapat pula tim search and rescue yang langsung bergerak cepat mengevakuasi pilot sesaat setelah insiden terjadi.

Peran teknologi Airborne Warning and Control System (AWACS) buatan negara-negara Barat (dan sekutunya) ditengarai menjadi penyebab jatuhnya pesawat bomber Su 34.

Dilansir polhukam.id dari laman Eurasian Times pada Sabtu, 23 Desember 2023, AWACS yang dirancang oleh pihak Barat memang tampak gesit untuk menargetkan armada tempur udara yang dimiliki oleh kubu Rusia.

Padahal di sisi lain, Pasukan Dirgantara Rusia (RuAD) juga telah melengkapi pesawat bomber mereka dengan rudal anti-radiasi Kh-31P ARM untuk menghancurkan radar Angkatan Darat Ukraina yang sedang aktif melacak posisi mereka.

Ditambah lagi, Su 34 juga telah dilengkapi dengan pod varian terbaru Khibiny-2 yang dapat memberikan perlindungan dan penyelubungan elektronik kepada sekelompok pesawat tempur Su 34.

Baca Juga: ESL Menang Gugatan di Pengadilan Uni Eropa, Coach Justin Senang Monopoli FIFA-UEFA Berakhir

Spekulasi lainnya menyebut jatuhnya pesawat bomber Su 34 milik Rusia disebabkan oleh serangan dari E7 Wedgetail milik Australia.

Laporan terbaru menyebut Australia sengaja mengirim E7 Wedgetail kepada Jerman sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina sekaligus peringatan dini untuk Rusia.

Dugaan tersebut menguat mengingat pesawat milik Rusia seperti Su 34 sangat minim pengalaman berduel menghadapi E7 Wedgetail.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: zonajakarta.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini