Daftar Alasan 2.911 Warga Kabupaten Serang untuk Pindah Memilih di Pemilu 2024

Tuesday, 16 January 2024
Daftar Alasan 2.911 Warga Kabupaten Serang untuk Pindah Memilih di Pemilu 2024
Daftar Alasan 2.911 Warga Kabupaten Serang untuk Pindah Memilih di Pemilu 2024

polhukam.id - KPU Kabupaten Serang mencatat sebanyak 2.911 warga Kabupaten Serang pindah memilih ke luar daerah pada Pemilu 2024 yang akan digelar 14 Februari mendatang.

Berbagai alasan warga Kabupaten Serang dijadikan dasar untuk melakukan pindah memilih tersebut.

Komisioner KPU Kabupaten Serang Septia Abdi Gama mengatakan, sampai dengan 16 Januari 2024 daftar pemilih tambahan (DPTb) yang masuk ke Kabupaten Serang sebanyak 2.907 orang.

Baca Juga: Didatangi Pj Walikota Serang, Penyebab SDN Citerep Banjir Ternyata Gegara Pengawasan yang Luput

Sementara Warga Kabupaten Serang yang pindah memilih keluar untuk Pemilu 2024 sebanyak 2.911 orang.

"Untuk yang di TPS (tempat pemungutan suara) khusus 15 orang yang keluar. TPS khusus ada di pesantren di perusahaan," ujar Gama saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 16 Januari 2023.

Ia mengungkapkan, pendaftaran DPTb sudah ditutup sampai dengan 15 Januari 2024 atau H-30 pemungutan suara.

Baca Juga: Alam Ganjar Belajar Peradaban Banten Lama, Penataan Wisata Religi Ini Diapresiasi

Namun untuk empat kategori yakni pemilih bertugas di tempat lain, menjalani rawat inap, tertimpa bencana alam dan menjadi tahanan rutan atau lapas masih bisa sampai dengan H-7.

"Teman-teman PPS (panitia pemungutan suara) di desa dan PPK (panitia pemilihan kecamatan) sudah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi. Data DPTb masih bisa berubah karena pendataan masih terus berjalan," katanya.

Adapun alasan warga pindah memilih, kata Gama, ada yang karena tugas belajar, pindah domisili, tugas di tempat lain dan sebagainya.

Baca Juga: Profil Erfin Dewi Sudanto, Sosok yang Sedang Viral Karena Nekat Jual Ginjal Demi Biaya Kampanye

"Pindahnya ada yang ke luar wilayah Banten. Bahkan, waktu kita mantau ke Ciruas ada yang dari luar negeri yang pindah memilih," ungkapnya.

Terpisah, Ketua PPK Bojonegara Jajuli mengungkapkan, mayoritas yang warga yang mengajukan pindah memilih karena pindah domisili dan alasan kerja.

"Yang paling banyak karena alasan kerja. Jadi pekerja yang dari luar Banten seperti dari Surabaya, Jawa Tengah, Cirebon, dan dari Medan mengajukan pindah memilih," ujarnya.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: bantenraya.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini