Begini Tanggapan Media Asing Soal Isu Koalisi Antara Anies dan Ganjar, Kemungkinannya Kecil

Wednesday, 17 January 2024
Begini Tanggapan Media Asing Soal Isu Koalisi Antara Anies dan Ganjar, Kemungkinannya Kecil
Begini Tanggapan Media Asing Soal Isu Koalisi Antara Anies dan Ganjar, Kemungkinannya Kecil

polhukam.id - Media asing asal Hong Kong yaitu South China Morning Post (SCMP) menyoroti adanya potensi koalisi antara kubu calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan dengan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Isu tersebut dimuat dalam berita pada 13 Januari 2024 dengan judul "Indonesia election 2024: will Anies and Ganjar join hands to deny Prabowo an outright victory" (Pemilu Indonesia 2024: akankah Anies dan Ganjar bergabung untuk menggagalkan kemenangan Prabowo).

Berdasarkan isi berita, Ian Wilson, seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Indo-Pasifik di Universitas Murdoch, mengatakan Prabowo Subianto jadi tokoh yang paling unggul dalam kontestasi ini, sehingga menjadi sasaran oleh Anies dan Ganjar.

Baca Juga: Kampanye di Kendal, Ganjar Singgung Soal Bansos Dapat Ruang Terbaik di Pemilu: Ya Politisasi

"Prabowo sebagian besar dilihat sebagai orang yang harus dikalahkan oleh kedua kandidat karena posisinya (yang unggul) dalam jajak pendapat, sehingga Anda dapat melihat alasan mereka akan membidiknya (dalam debat)," kata Ian Wilson.

Wilson juga mengatakan terkait prioritas kedua kandidat lainnya yaitu menciptakan skenario Pemilu yang lanjut ke putaran kedua.

Diketahui bahwa syarat dari pemilu yang berlangsung satu putaran adalah terdapat kandidat yang memperolah lebih dari 50 persen suara.

Apabila tidak ada, maka pemilu akan dilanjutkan ke putaran kedua pada tanggal 26 Juni 2024.

Baca Juga: Gibran Kelamaan Cuti sampai 3 Hari untuk Kampanye Pilpres 2024, Ini Kata Pemkot Solo

Selain itu, Wilson juga menyampaikan bahwa Prabowo tidak memiliki suara yang cukup untuk menang dalam satu putaran.

Media SCMP ini mengacu pada survei Indikator Politik yang diterbitkan pada 6 Januari 2024 lalu.

Hasil survei tersebut menunjukkan Prabowo memimpin dengan 46,9 persen. Posisi kedua ada Anies dengan 23,2 persen, sementara di posisi terakhir Ganjar dengan 22,2 persen.

Wilson juga menyoroti salah satu wacana yang tengah ramai belakangan ini, yaitu bergabungnya kubu capres nomor urut 01 dan 03 apabila Pemilu berlanjut ke putaran kedua.

Baca Juga: Ramalan Shio Kambing di Hari Rabu 17 Januari 2024: Anda Perlu Mencintai Diri Sendiri

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: strategi.id

Komentar

Artikel Terkait

Terkini