Auto Boikot! Brand Zara Disebut Bikin Kampanye Menohok soal Penderitaan Warga Gaza

Sunday, 10 December 2023
Auto Boikot! Brand Zara Disebut Bikin Kampanye Menohok soal Penderitaan Warga Gaza
Auto Boikot! Brand Zara Disebut Bikin Kampanye Menohok soal Penderitaan Warga Gaza


POLHUKAM.ID - Brand kenamaan Zara baru-baru ini tengah mencuri perhatian masyarakat global.


Pasalnya, Zara disebut telah membuat kampanye menohok tatkala membagikan promosi yang mengaitkan dengan penderitaan warga Palestina.


Alhasil, kritik pedas hingga aksi boikot dari kalangan masyarakat global kususnya yang bersimpati dengan penderitaan warga Palestina tak bisa membiarkan kampanye Zara begitu saja.


Usut punya usut, aksi boikot dan kritik pedas warganet bermula dari laman Instagram @zaraofficial.


Dalam unggahan Instagram @zaraofficial yang dirilis 9 Desember 2023, tampak menampilkan foto-foto menggunakan mannequin dibungkus kain putih yang mirip seperti jenazah.


Melalui foto promosi yang dibagikan Zara tersebut, tak sedikit netizen yang berspekulasi dan menghubungkannya dengan korban tewas di Gaza yang dibalut kafan.


Bahkan, tidak sedikit netizen yang meyakini brand asal Spanyol itu melakukan tindakan tak bersimpati itu dengan sengaja, karena semuanya telah terkonsep.



Seperti yang diketahui, dalam kampanye koleksi terbarunya, Zara menggandeng model ternama Kristen McMenamy dengan tajuk 'The Jacket'.


Desain ini terkonsentrasi yang bertujuan untuk menunjukkan keserbagunaan pakaian.


"Setiap musim, tim kreatif terbaik Zara ditugaskan untuk fokus pada satu pilar dalam lemari pakaian. Ia kemudian menerapkan keahliannya untuk membuat pengeditan ketat pada enam ekspresi baru dari pakaian tersebut," tulis Zara dalam caption postingannya.


Namun, begitu menyadari banyak protes, pihak Zara menghapus foto-foto Kristen McMenamy memegang mannequin jenazah berbalut kain putih dan beberapa foto serupa lainnya.


Pun demikian, netizen terus memenuhi kolom komentar postingan Zara tersebut dengan berbagai komentar kritikan damn seruan boikot.


Meski sudah dihapus, postingan promosi Zara telah dibagikan netizen melalui berbagai platform dan menuai kritik pedas.


"Mempromosikan pembunuhan, wow benar-benar menjijikkan, memalukan," komen sarahnahle***.


"Genocise suporter ZARA, boikot," tulis @muna.al***.


"Bagaimana bisa kalian mengunggah foto seperti ini, apakah ini skema dari desainer zionist kalian Vanessa Perilman? Sama sekali ini tidak pantas saat banyak orang dibunuh oleh Israel," sambung yang lainnya.


Hingga kini, seruan boikot Zara terus berkumandang. Dan, Zara masuk daftar trending di X Indonesia, Minggu, 10 Desember 2023. ***


Sumber: jawapos.

BACA JUGA:

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler