Airlangga Hartarto Beberkan Peran Indonesia Aktif dalam Diplomasi Internasional

Tuesday, 16 January 2024
Airlangga Hartarto Beberkan Peran Indonesia Aktif dalam Diplomasi Internasional
Airlangga Hartarto Beberkan Peran Indonesia Aktif dalam Diplomasi Internasional

polhukam.id - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Indonesia secara aktif melakukan diplomasi.

"Indonesia aktif memimpin diplomasi, demikian pula dalam (KTT) G20, G20 Indonesia salah satu yang berhasil menyelenggarakan G20 dan dihadiri oleh pemimpin-pemimpin dunia serta diakui mengeluarkan deklarasi yang diterima semua pihak. Hal itu tidak lain dan tidak bukan karena diplomasi daripada Indonesia," kata Airlangga Hartarto dikutip Selasa, 16 Januari 2024.

Airlangga yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI menyampaikan hal tersebut dalam perayaan Natal Nasional Partai Golkar 2023 dan Tahun Baru 2024 di Labuan Bajo.

Baca Juga: Tanggulangi Dampak Kenaikan Harga Pangan Bagi Masyarakat Rentan, Pemerintah Lanjutkan Program Bantuan Pangan Hingga Juni 2024

Airlangga juga menjelaskan keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia juga tidak terlepas dari penyelenggaraan pertemuan Sherpa G20.

"Keberhasilan itu tidak lepas dari Sherpa-nya, Sherpa G-20 adalah kantor Menko, saya ngomong kantornya bukan sayanya. Nah itu terjemahan masing-masing. Kemudian kita juga dalam ASEAN," katanya.

Airlangga menjelaskan saat ini dunia masih dilanda ketidakpastian geopolitik akibat perang antara Ukrainia-Rusia dan perang Hamas-Israel yang berkembang ke Lebanon, lalu Amerika Serikat-Inggris mulai menyerang di laut di dekat Yaman terkait dengan gangguan-gangguan terhadap logistik.

Baca Juga: Alasan TKN Prabowo Gibran Dirikan Posko Pengaduan Pemilu, Untuk Tandingi Posko Buatan Mahfud MD

Namun demikian, lanjut dia Indonesia saat ini dalam situasi aman dan damai, bahkan Indonesia berhasil menyelenggarakan KTT G20 di dalam situasi ketidakpastian.

"Indonesia menjadi tokoh, bapak presiden yang pergi ke Ukrainia dan ke Moskow dalam waktu satu minggu dan itu membuka perundingan antara Ukrainia-Rusia dengan PBB dan Turki yang membuka gandum bisa keluar dari Ukrainia," katanya.

Oleh karena itu dia meminta dukungan kader Partai Golkar dan masyarakat Provinsi NTT untuk mendukung program pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, terlebih pembangunan di Labuan Bajo yang begitu diperhatikan pemerintah hingga penyelenggaraan KTT ASEAN.

Baca Juga: Pamit dari PDI Perjuangan, Maruarar Sirait: Saya Memilih Mengikuti Langkah Jokowi

"Dengan KTT ASEAN, seluruh anggaran pemerintah digelontorkan agar Labuan Bajo bisa menjadi tempat summit internasional setara dengan Bali, setara dengan kota-kota lain di dunia, pemimpin dunia datang ke Labuan Bajo, kita lihat sekarang fasilitasnya dan kita rasakan. Oleh karena itu saya minta kepada seluruh masyarakat Labuan Bajo, masyarakat NTT untuk dukung terus program Bapak Joko Widodo dan penerus program Bapak Joko Widodo adalah partai kita, Partai Golkar," kata Airlangga seperti dilansir Antara.

Menurut Airlangga Partai Golkar adalah partai yang terdepan yang secara konsisten mengawal Joko Widodo dalam pemilihan presiden periode pertama dan kedua.

"Sampai hari ini, saat kita jelas arah beliau ke mana maka disitulah Partai Golkar berada," katanya.***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianterbit.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini