Mahfud Ungkap Kejanggalan Kasus BTS yang Rugikan Negara Rp 8 Triliun

  • Bagikan
X

Menko Polhukam Mahfud MD menghadap Presiden Jokowi terkait tugas barunya sebagai Plt Menkominfo. Mahfud ditunjuk sebagai Plt setelah Jokowi memberhentikan Johnny G Plate yang menjadi tersangka dan ditahan Kejaksaan Agung atas dugaan korupsi proyek BTS Kominfo.

Kepada Jokowi, Mahfud melaporkan proyek BTS Kominfo yang bermasalah itu merupakan proyek yang sudah direncanakan sejak lama dan menjadi proyek penting bagi masyarakat. Mahfud pun mengungkapkan soal kejanggalan yang menjadi awal permasalahan kasus ini.

"[Proyek] Itu berlangsung sejak tahun 2006 sampai tahun 2019 berjalan bagus. Baru muncul masalah sejak anggaran tahun 2020, yaitu ketika proyek senilai Rp 28 sekian triliun itu dicairkan dulu sebesar Rp 10 koma sekian triliun pada tahun 2020-2021," kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (22/5).

Pada Desember 2021, seharusnya disampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran disampaikan. Namun, barang yang dimaksud tidak ada. Padahal dana Rp 10 triliun sudah cair.

"BTS-nya itu, tower-towernya itu tidak ada," ujar Mahfud.

Lantas, kemudian muncul permohonan agar proyek tersebut dilakukan perpanjangan. Alasannya ialah karena adanya pandemi COVID-19.

Sumber: kumparan.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan