Data BPJS Kesehatan yang Sempat Bocor Tahun Lalu Dianggap Lebih Menarik dari Datanya Bjorka

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Pakar keamanan siber, Ruby Alamsyah, membandingkan data yang disebarkan hacker Bjorka dan data BPJS Kesehatan yang sempat bocor tahun lalu.

Menurut Ruby, data yang sempat bocor tahun lalu itu paling lengkap dari semua riwayat kebocoran data yang terjadi di Indonesia.

“Kalau kita pernah mengingat kasus kebocoran data BPJS Kesehatan tahun lalu, di situlah data-data yang paling lengkap yang pernah terjadi kebocoran data di Indonesia,” ujar Ruby di dialog Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne pada Selasa (13/9).

Sedangkan, data yang dibocorkan oleh hacker Bjorka lebih tampak seperti data-data publik yang dicampur lalu dipublikasi.

Dalam data-data tersebut juga menurut Ruby tidak ada yang istimewa atau lebih baru sehingga ia menyimpulkan data yang dibocorkan Bjorkan hanya kumpulan data privat dan publik.

“Lalu dicampur dengan data-data publik lainnya akhirnya dia bisa membuat memplubikasi data-data pribadi pejabat-pejabat tertentu seperti hal tersebut. Tidak ada yang istimewa, tidak ada yang lebih baru. Menurut saya itu hanya kumpulan-kumpulan dari data baik yang private maupun yang publik,” ujar Ruby.

Sumber: nw.wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan