Mujahid 212 Usulkan Kapolda Dipilih Berdasarkan Rekomendasi MUI dan Tokoh Lintas Agama

  • Bagikan
X

Kapolda perlu dipilih berdasarkan rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tokoh lintas agama agar mempunyai kekuatan moral dalam menjalankan tugasnya.

“Saya usulkan Kapolda dipilih berdasarkan rekomendasi MUI dan tokoh agama,” kata Aktivis Mujahid 212 Damai Hari Lubis kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (24/8/2022).

Menurut Damai, usulan ini bagian upaya menjadikan Kapolda dan anggota kepolisian menjadi lebih baik. “Kalau dipilih MUI dan tokoh lintas agama ada beban moral dipundak Kapolda,” ungkapnya

Setelah perbaikan mental, kata Damai perlu ditata struktur Polri agar tidak terlalu besar kekuasaannya. “Saat ini kepolisian langsung di bawah presiden mempunyai kewenangan yang berlebih,” paparnya.

Damai mengusulkan Polri di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kepolisian bertugas keamanan dalam negeri. Lebih pantas Polri di bawah Kemendagri,” jelas Damai.

Presiden Joko Widodo dapat mengusulkan perubahan UU No. 2/2002 tentang Polri kepada DPR. “Namun, usulan perubahan UU ini harus terlebih dulu dilakukan kajian secara mendalam tentang kebutuhan masyarakat terhadap kepolisian, perilaku kepolisian terhadap tersangka, kaitannya dengan Komnas HAM dan KPK selain Kompolnas, muatan larangan dan sanksi, serta antisipasi lainnya untuk mencegah kepolisian yang sewenang-wenang,” katanya.

Sumber: suaranasional.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan