Buntut Rencana Kenaikan Harga Pertalite, Susi Pudjiastuti Minta PNS Dikurangi, Pemerintah Disindir: Mereka Nyaris Tidak Peduli

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyinggung mengenai rencana kenaikan harga BBM bersubsidi, pertalite dan solar yang akan diumumkan Presiden Joko Widodo minggu depan.

Beberapa pengamat memprediksi bahwa kenaikan harga BBM pertalite minimalakan naik 30 persen, yaitu menjadi Rp10 ribu per liter, sedangkan solar akan naik menjadi 8.000 per liter, ini lebih besar sekitar 55 persen.

Kenaikan harga pertalite dan solar akan berdampak pada masyarakat menengah ke bawah dari segi transportasi dan biaya operasional pedagang, bahan pangan pun akan terkena imbas.

Menurut Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal, jumlah orang miskin akan bertambah banyak jika pemerintah merealisasikan kenaikan harga BBM bersubsidi.

Susi Pudjiastuti pun menyarankan agar pemerintah melakukan perbaikan dengan membubarkan lembaga atau komisi yang tidak perlu demi menghemat APBN, atau beberapa departemen bisa digabungkan (merger).

"PNS dikurangi 30% dlm 2 thn ke depan;mulai es 1,2,3 & staf. Kementrian dimerge bisa berkurang min. 4 sd 5 Kementrian. Pemerintah bisa hemat min.Rp 40T/ tahun."

Sumber: nw.wartaekonomi.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan