Kajian Politik Merah Putih: Kekuatan China Menguasai Lembaga Negara, Ekonomi dan Arah Politik Indonesia

  • Bagikan
X

Negara China menunjukkan kekuatannya di Indonesia di era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Indonesia banyak bergantung utang dan pembangunan infrastruktur dari negeri Tirai Bambu.

“Kekuatan China menguasai semua lembaga negara. Menguasai semua sektor ekonomi dan arah politik negara Indonesia,” kata Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi kepada redaksi www.suaranasional.com, Rabu (27/7/2022).

Di era Jokowi, kata Sutoyo, membanjirnya Tenaga Kerja Asing (TKA) China dengan dalih untuk investasi di Indonesia.

“Di era Presiden Jokowi, negara sudah terbuka tanpa hambatan dengan dalih investasi masuklah TKA Cina tidak diwaspadai bahkan dilindungi dengan berbagai macam dalih sebagai tenaga kerja ahli dan macam dalih lainnya,” jelasnya.

Selain itu, Sutoyo mengatakan, pertengahan abad ke-19, jumlah imigran Tionghoa masuk ke Nusantara sudah mencapai seperempat juta orang. Jumlah ini terus meningkat hingga tahun 1930  Orang-orang Tionghoa yang jumlahnya makin banyak itu kemudian tinggal berkelompok di satu wilayah yang berada di bawah kontrol pemerintah Hindia-Belanda. Biasa disebut Pecinan.

“Dalam bidang sosial-budaya, mereka digabung dalam organisasi Tiong Hoa Hwee Koan (THHK). Sementara, di bidang ekonomi, organisasi Siang Hwee, sebuah kamar dagang Tionghoa (Chineze kamer van koophandel) didirikan. Mereka selanjutnya¬† tinggal untuk selamanya di Nusantara,” jelasnya.

Sumber: suaranasional.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan