Akan Grand Launching Nanti Malam, Inilah 5 Kelebihan JIS yang Tak Dimiliki Stadion Manapun di Indonesia

  • Bagikan
X

JIS merupakan stadion multifungsi yang sudah rampung pembangunannya sejak sekitar Februari 2022. Pada April silam, stadion ini sempat dipakai untuk mini turnamen yang melibatkan tim-tim remaja dari klub Bali United, Atletico Madrid, Barcelona dan timnas Indonesia. Ke depannya, JIS akan jadi kandang klub Persija Jakarta. “JIS dibangun untuk menjadi homebase-nya Persija, karena itu kami fasilitasi,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Sabtu (23/7/2022). JIS merupakan stadion modern yang punya sederet keunggulan yang tak dimiliki stadion manapun di Indonesia. Apa saja kelebihan itu, berikut daftarnya: 1. Kapasitas melebihi 80.000 tempat duduk JIS kini tercatat jadi stadion terbesar di Indonesia jika mengacu ke kapasitas. Ada 82.000 tempat duduk yang disediakan di stadion yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara itu. Tak ada stadion lain di Indonesia yang kapasitasnya mencapai 80.000. Gelora Bung Karno pasca renovasi untuk Asian Games 2018 saja kapasitasnya hanya sekitar 77.000 tempat duduk.

2. Pemandangan curam dari tribune Di JIS tak ada lintasan atletik di pinggir lapangan. Jadi, antara tribune dan lapangan tak punya jarak, sesuatu yang masih langka ditemui pada stadion-stadion di Indonesia. Sebenarnya ada beberapa stadion lain yang kondisinya sama, misalnya Batakan di Balikpapan ataupun Maguwoharjo di Sleman. Namun, ada kelebihan JIS yang tak dimiliki stadion tersebut, yakni bentuk tribune yang tinggi. Hal ini membuat penonton di tribune mendapatkan sensasi menonton dengan yang pemandangan curam ke arah lapangan khas stadion-stadion modern di Eropa. 3. Jogging track di atap Jika jogging track di stadion lain berada di sekeliling bangunan, beda hal dengan di JIS yang jogging tracknya ada di atap stadion. Jogging track yang berada di ketinggian 72 meter (lantai sembilan) ini memiliki lebar tiga meter dengan panjang 950 meter. Lantai jalur joging itu terbuat dari beton precast dengan dilengkapi pengaman berupa pagar baja setinggi sekitar 1,5 meter. 4. Atap buka tutup Tak ada stadion manapun di Indonesia yang atapnya bisa dibuka tutup. Di JIS, atap bisa ditutup sehingga memungkinkannya untuk jadi stadion indoor raksasa. Yang lebih hebat lagi, atap penutup JIS menggunakan bahan khusus yang memungkinkannya bisa tetap terpapar sinar matahari walau ditutup.

Merceka Stadion (@mercekastadion)

5. Dinding LED Dinding fasad pada JIS menggunakan bahan khusus yang membuatnya bisa terlihat seperti layar berukuran raksasa. Salah satu stadion terkenal dunia yang menggunakan teknologi yang sama adalah Allianz Arena di Muenchen.

Amal Abahe Shofi (@abaheshofi.khafidin)

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan