Soal Cawapres untuk Prabowo, Pengamat Sebut Ada Campur Tangan Jokowi

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara mengungkapkan keinginan publik agar Presiden Joko Widodo memilih calon wakil presiden untuk mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bila maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

"Ternyata yang menduduki peringkat satu sebanyak 17,8 persen itu pilihan Jokowi. Publik ingin cawapres Prabowo itu dipilih oleh Presiden Jokowi jika nanti maju lagi pada Pilpres 2024," katanya di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

Igor berpendapat bahwa hasil survei periode Juli ini berdasarkan sejumlah alasan, antara lain kecenderungan pemilih Presiden Joko Widodo akan bermigrasi pada Prabowo mengingat Presiden Jokowi tak bisa lagi maju pada pemilu mendatang.

Alasan lainnya, publik mengapresiasi keputusan Prabowo bergabung ke pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin, kinerja positif Prabowo sebagai Menteri Pertahanan, dan sentimen di media sosial yang juga positif.

Igor mengatakan bahwa Presiden Jokowi berpotensial menjadi king maker. Hal ini bila tidak ada calon presiden yang dominan pada Pilpres 2024.

Selain pilihan Presiden Jokowi, hasil survei SPIN juga mengungkap nama-nama urutan kedua hingga kelima berdasarkan keinginan publik mendampingi Prabowo.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan