Sebelum Disembelih, Hewan Kurban Sebaiknya Dikarantina 24 Jam

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyarankan agar hewan kurban sebaiknya dikarantina selama 24 jam sebelum disembelih pada Hari Raya Idul Adha untuk memantau kondisi kesehatannya. 

Menurutnya saat ini merupakan waktu yang ideal untuk menyiapkan hewan kurban agar memenuhi persyaratan dan bebas dari penyakit, salah satunya penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dengan melakukan karantina selama 24 jam sebelum disembelih, dapat memantau kondisi kesehatan hewan kurban," kata Wagub di Semarang, Jumat (8/7/2022).

Terkait dengan prosesi penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha mendatang, Pemprov Jateng menyiapkan juru sembelih halal yang telah mengantongi sertifikat dari pemerintah.

"Jateng saat ini Alhamdulillah, dengan adanya pelatihan juru sembelih halal yang diinisiasi dengan kerja sama dengan MUI, dengan Baznas dan Santri Gayeng Nusantara (SGN), saat ini sudah dibreakdown. Di Klaten sudah ada, di Kabupaten Banjarnegara ada, disusul lagi besok di Kabupaten Batang, Pekalongan kota dan kabupaten, juga melakukan hal serupa," ujarnya.

Sudah tersebarnya juru sembelih halal di sejumlah kabupaten/kota, kata Wagub, menunjukkan perhatian yang sangat tinggi terhadap persoalan penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam. Karena itu, lanjut Wagub, pemerintah perlu terus mendorong penyediaan tenaga juru sembelih hala. 

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan