Kunjungan Jokowi Temui Zelenskyy dan Putin Bisa Hapus Bayang-bayang Perang Ukraina dari KTT G20?

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Para menteri luar negeri dari Kelompok 20 atau G20 berkumpul di Bali, Jumat (8/7/2022). Pembicaraan kemungkinan akan didominasi oleh konflik di Ukraina meskipun ada agenda yang berfokus pada kerja sama global antara lain ketahanan pangan dan energi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi dan diplomat top Rusia Sergey Lavrov melakukan kunjungan di berbagai ibu kota Asia sebelum menuju Bali. Mereka menggalang dukungan dan memperkuat hubungan di kawasan itu.

Sebagai Presiden G20 tahun ini, Indonesia dipaksa memainkan peran yang lebih konstruktif di panggung dunia daripada hanya sebagai "event organizer." 

Tujuan utama dari pembicaraan tersebut adalah untuk mencari cara untuk meningkatkan ketahanan pangan pada saat invasi Rusia ke Ukraina telah mencekik pasar global, mendorong harga daging, produk susu, sereal, gula dan minyak nabati naik tajam.

“Kunjungan ini tidak hanya penting bagi masyarakat Indonesia tetapi juga bagi negara berkembang lainnya untuk mencegah masyarakat dari negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah jatuh ke jurang kemiskinan dan kelaparan yang ekstrem,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada wartawan di Jakarta sebelum keberangkatannya ke Jerman pada 26 Juni.

Negara tersebut telah berusaha untuk tetap netral dalam menangani invasi Rusia ke Ukraina dan Presiden Jokowi telah dijaga dalam komentarnya.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan