Kompetensi Digital Wajib di Era Serba Teknologi

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Kemampuan digital saat ini menjadi sebuah skill wajib yang harus dimiliki setiap individu agar dapat bertahan di era serba teknologi. Mulanya ditenggarai kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan tiap individu beradaptasi dengan pembatasan sosial sehingga segala aktivitas beralih ke ruang digital.

Data dari We Are Social dan HootSuite tahun 2022, saat ini terdapat 204,7 juta pengguna internet yang setara dengan 73,7% dari populasi penduduk Indonesia.

"Hal ini tentunya menimbulkan suatu budaya baru di tengah masyarakat kita. Sekarang setelah disrupsi industri 4.0, muncul society 4.0 di mana setiap aspek kehidupan masyarakat sudah terhubung smartphone dan internet," kata Dosen & Praktisi LoT & Intellegent, Yudhis Thiro saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Senin (4/7/2022), dikutip dari rilis yang diterima di Jakarta.

Perubahan tersebut juga menimbulkan aturan-aturan baru dalam bermedia sosial. Bagaimana caranya agar bisa memberi manfaat dan tidak merugikan diri sendiri maupun pengguna lainnya. Terlebih, disertai dengan latar belakang lain setelah 2 tahun pandemi Covid-19, banyak sekali jenis bidang pekerjaan yang ditiadakan, tetapi lahir jenis pekerjaan baru.

Lebih jauh dia mengatakan, mulanya para pengguna internet identik dengan kaum milenial, tapi saat pandemi semua kalangan seolah dipaksa untuk terbiasa dengan digital. Akhirnya, semua orang harus memiliki kompetensi di ruang digital, tidak hanya mengetahui dan menggunakan saja, tetapi juga memilah dan melindungi diri dari segala perubahan ke arah digital.

Diketahui menurut survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang.

Sumber: m.jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan