Hadi Tjahjanto Pastikan Layanan PTSL Tanpa Pungli

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menginstruksikan seluruh jajaran untuk mengakselerasi pendaftaran seluruh bidang tanah di Indonesia melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Tak hanya soal kuantitas, Hadi Tjahjanto juga ingin memastikan proses pelaksanaan pendaftaran di lapangan berjalan dengan baik tanpa pungutan liar. Hal itu disampaikannya seusai menyerahkan sertipikat tanah hasil dari program PTSL di dua kelurahan di Kota Bekasi, kemarin.

“Saya cek langsung ke masyarakat, yang pertama apakah dalam pengurusan PTSL ini ditarik biaya, mereka jawab gratis, berapa lama pengurusan dan bagaimana pelayanannya, dibilang cepat sekali," ujarnya.

Seraya menyerahkan sertifikat tanah Hadi Tjahjanto ingin memastikan langsung kabar adanya pungutan liar di lapangan. Namun kabar tersebut ditepis langsung oleh masyarakat saat menerima sertifikat. Wilayah yang menerima sertifikat itu ialah di Kelurahan Jatiwarna dan Jatimelati.

"Terkait dengan pungutan liar, makanya saya datang ke sini, saya langsung tanya kepada masyarakat sama sekali tidak ada pungutan dan semuanya gratis dan dilayani dengan cepat," tegas Hadi.

Setelah bertemu dan menyerahkan langsung sertifikat kepada masyarakat, Hadi menilai dalam pelaksanaan pengurusan sertifikat melalui PTSL sudah berjalan dengan baik.

Sumber: suara.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan