Amerika Kirim “Malaikat Maut” buat Iran, tapi China Ikut-ikutan Keseret Gara-gara…

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Washington - Amerika Serikat pada Rabu (6/7/2022) menjatuhkan sanksi pada jaringan China, Uni Emirat Arab (UEA) dan perusahaan lain yang dituduh membantu mengirimkan dan menjual produk minyak dan petrokimia Iran ke Asia Timur.

Departemen Keuangan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jaringan orang dan entitas menggunakan jaringan perusahaan terdepan yang berbasis di Teluk untuk memfasilitasi pengiriman dan penjualan ratusan juta dolar produk dari perusahaan Iran ke China dan tempat lain di Asia Timur.

Washington semakin menargetkan perusahaan-perusahaan China atas ekspor petrokimia Iran karena prospek menghidupkan kembali pakta nuklir telah meredup.

Di Doha pekan lalu, pembicaraan tidak langsung antara Teheran dan Washington berakhir tanpa terobosan tentang bagaimana menyelamatkan kesepakatan, di mana Iran telah mengekang program atomnya.

Kemudian-AS Presiden Donald Trump meninggalkan pakta tersebut pada 2018 dan menerapkan kembali sanksi, mendorong Iran - yang mengatakan programnya adalah untuk tujuan damai - untuk mulai melanggar batas atom kesepakatan.

"Sementara Amerika Serikat berkomitmen untuk mencapai kesepakatan dengan Iran yang mencari pengembalian timbal balik untuk mematuhi (kesepakatan nuklir 2015), kami akan terus menggunakan semua otoritas kami untuk menegakkan sanksi atas penjualan minyak bumi dan petrokimia Iran," Brian Nelson, Wakil Menteri Keuangan untuk terorisme dan intelijen keuangan, mengatakan.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan