#MakinCakapDigital: Gunakan Password Berbeda Setiap Akun

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Jakarta - Perkembangan teknologi digital makin masif. Keberagaman media sosial berhasil menarik antusias masyarakat mencoba tanpa memperhatikan keamanannya.

Keberagaman media sosial tidak diiringi dengan perbedaan akun. Pengguna umumnya hanya menggunakan satu e-mail untuk masuk ke seluruh media sosial yang dimilikinya. Password yang digunakan pun tidak berbeda.

Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo, menilai bahwa penggunaan password yang kuat menjadi salah satu kunci keamanan digital. Pengguna media sosial sebaiknya menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun.

"Cukup tiga atau empat pasword saja yang dihapalkan. Kita pakai bergantian selama kombinasinya baik," katanya saat webinar Makin Cakap Digital 2022, Kamis (23/6), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Password yang baik, lanjut dia, harus panjang dan memiliki kombinasi karakter (angka, huruf besar-kecil, tanda baca, dan simbol). Pengguna media sosial juga diimbau tidak menggunakan sesuatu yang berhubungan dengan data pribadi pada password. "Upayakan juga mengganti password secara berkala," ujar Eko.

Dia menilai, kesulitan menghapal menjadi salah satu alasan pengguna media sosial menggunakan satu password untuk setiap akun. Menurut dia, cara termudah untuk mengingat adalah membuat password menjadi kata-kata.

Sumber: jpnn.com

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan