Inilah Jenderal Pemimpin Baru Organisasi Intelijen IRGC. Pengamat: Guncangan di Intelijen Iran

  • Bagikan
X

Polhukam.id, Teheran - Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran menunjuk kepala badan intelijen baru pada Kamis (23/6/2022). Langkah ini diambil menyusul serangkaian pembunuhan dan kematian misterius perwira militer Iran.

Juru bicara IRGC, Ramezan Sharif mengatakan, Brigadir Jenderal Mohammad Kazemi telah diangkat sebagai pemimpin baru Organisasi Intelijen IRGC.

Kazemi menggantikan Hossein Taeb, yaitu seorang ulama berpengaruh yang menjabat sebagai pemimpin badan intelijen sejak didirikan pada 2009. IRGC tidak memberikan alasan spesifik mengenai perombakan kepemimpinan tersebut.

Kantor berita Tasnim melaporkan, Taeb telah ditunjuk sebagai penasihat kepala komandan IRGC. Taeb adalah tokoh kuat dalam rezim Iran yang bekerja di kantor Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei, sebelum diangkat sebagai Organisasi Intelijen IRGC pada 2009. 

Taeb mempunyai hubungan sangat dekat dengan Mojtaba Khamenei, yaitu putra pemimpin tertinggi yang berpengaruh. Taeb dikenai sanksi oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat atas pelanggaran hak asasi manusia.

“Saya pikir ini adalah gempa bumi di komunitas intelijen Iran, mengingat jabatan jangka panjang Taeb dan kedekatannya dengan Kantor Pemimpin Tertinggi,” ujar Direktur Kebijakan di United Against Nuclear Iran (UANI), Jason Brodsky, dilansir Alarabiya, Jumat (24/6/2022).

Sumber: republika.co.id

Artikel Asli

Penting:

Apabila terdapat kesalahan informasi dalam berita ini, silahkan kirim laporan Anda ke alamat email [email protected].
  • Bagikan